Visi dan Misi

By Dendy Septa Maydrian,A.Md 05 Jul 2015, 16:31:30 WIB

1. Rumusan Visi

Visi merupakan keinginan dan pernyataan moral yang menjadi dasar atau rujukan dalam menentukan arah dan kebijakan pimpinan dalam membawa gerak langkah sekolah menuju masa depan yang lebih baik, shingga eksistensi atau keberadaan sekolah apat diakui oleh masyarakat. Visi merupakan gambaran tentang masa depan yang realistik dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Ini sejalan dengan pendapat Akdon (2006;94) yang menyatakan bahwa “Visi adalah pernyaaan yang diucapkan atau ditulis hari ini, yang merupakan proses manajemen saat ini yang menjangkau masa yang akan datang”

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat;era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1  Sungai Tarab  memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang dirumuskan dalam Visi dan Tujuan sekolah.

Untuk menyusun visi, misi dan tujuan sekolah, SMA Negeri 1 Sungai Tarab berdasarkan kepada analaisis terhadap SWOT yaitu Strengths (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang) dan Threats (Tantangan) terhadap pelaksanaan sekolah pada TP. 2021/2022. Analisis SWOT dilaksanakan pada kegiatan Lokakarya yang telah dilkaksanakan pada tanggal 21 dan 23 Mei 2022 di SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Untuk perumusan visi, misi dan tujuan sekolah dilaksanakan dalam Standar Pengelolaan dan kemudian di paripurnakan di depan seluruh PTK SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Hasil lokakarya tersebut disepakati dan disyahkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan visi, misi serta tujuan untuk selanjutnya dituangkan dan dijabarkan dalam  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum Operasional Satuan pendidikan (KOSP) SMA Negeri 1 Sungai Tarab Tahun Pelajaran 2022/2023.

VISI SMA NEGERI 1  SUNGAI TARAB

"Mewujudkan Insan berakhlak Mulia, Cerdas, Kompetitif dan Peduli Lingkungan dalam Semangat Pancasila"

 

2. Indikator Pencapaian Visi SMA Negeri 1 Sungai Tarab

  1. Terbentuknya peserta didik yang mengamalkan ibadah sesuai perintah agama secara ajeg
  2. Melahirkan peserta didik yang mampu menyelesaikan pendidikan dengan nilai yang memuaskan sehingga dapat  melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  3. Terlaksananya pembelajaran dan bimbingan secara efektif dengan menggunakan multimedia dan pemanfaatan teknologi digital.
  4. Terlaksananya kegiatan sekolah yang religi dan berakar pada Budaya Alam Minangkabau (kearifan lokal)
  5. Meningkatknya minat baca seluruh warga sekolah
  6. Terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik yang memiliki karakter yang sesuai dengan nilai agama, budaya alam minangkabau dan karakter Pancasila yang diintegrasikan dalam kegiaatn pembelajaran dan diluar jam pembelajaran
  7. Meningkatkatnya pengetahuan, keterampilan dan apresiasi peserta didik dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, social budaya dan seni dengan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif
  8. Terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik yang terampil sehingga mampu bersaing di tingkat daerah, provinsi maupun nasional.
  9. Terlaksananya bimbingan/pelatihan yang lebih intensif secara berkelanjutan baik bidang akademis maupun non akademis untuk mampu bersaing dan mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  10. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik yang berperilaku sopan, santun, beretika sesuai dengan norma-norma yang berlaku yang dapt dijadikan model dan contoh inspiratif peserta didik.
  11. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik perilaku jujur, adil dan mandiri dalam tindakan.
  12. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik mampu bersaing dalam mewujudkan prestasi akademik atau non akademik di tingkat kabupaten, propinsi dan nasional
  13. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang senantiasa memberikan layanan prima kepada peserta didik.
  14. Semakin mantapnya pengimplementasian kurikulum yang berbasis lingkungan.
  15. Terwujudnya budaya sekolah yang berwawasan lingkungan untuk menunjang kenyamanan dalam kegiatan proses belajar mengajar
  16. Menjadikan lingkungan sekolah yang bersih, indah, terpelihara dan lestari dalam rangka sekolah adiwiyata.

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat. Untuk mewujudkannya, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi Sekolah.